Jumat, 30 Agustus 2013

Hasil Undian Liga Champions


Headline
 

INILAH.COM, Monako - Kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa akan segera bergulir. Undian fase grup sudah dilakukan di Monako, menjanjikan partai seru di fase grup hingga akhir tahun ini.
Sebanyak 22 tim yang lolos langsung ditambah 10 tim yang lolos lewat fase play off telah diundi di Monako untuk menempati delapan grup yang tersedia di Liga Champions.
Seperti biasa, sebelum diundi, masing-masing tim dibagi dalam empat pot untuk membedakan peringkat unggulan. Pot pertama ditempati unggulan 1-8, Pot kedua unggulan 9-16, dan seterusnya. Unggulan pertama otomatis ditempati juara musim lalu, Bayern Munchen.
Setiap tim di masing-masing pot akan diletakkan di grup yang berbeda sehingga tidak ada tim dalam satu pot yang berada dalam satu grup. Undian akan diulang jika ada tim dari negara yang sama berada dalam satu grup.
Berikut daftar klub pada masing-masing Pot:
Pot pertama: Bayern Munich, Barcelona, Chelsea, Real Madrid, Manchester United, Arsenal, Porto, Benfica.
Pot kedua: Atletico Madrid, Shakhtar Donetsk, Schalke 04, Marseilles, CSKA Moscow, Paris SG, Milan, Juventus.
Pot ketiga: Zenit St Petersburg, Manchester City, Ajax, Borussia Dortmund, Basel, Olympiakos, Galatasaray, Bayer Leverkusen.
Pot keempat: Real Sociedad, Copenhagen, Napoli, Anderlecht, Celtic, Steaua Bucharest, Viktoria Plzen, Austria Vienna.
Hasil undian:
Pada undian yang dipimpin oleh sekretaris jenderal UEFA, Gianni Infantino, Juara bertahan Bayern Munchen berada di Grup D, bertemu salah satu tim besar Manchester City. Bagi City, Munchen akan menjadi ujian terberat untuk menembus fase knock out Liga Champions untuk pertama kalinya.
Sudah dua musim terakhir The Citizens selalu menembus Liga Champions namun selalu gagal pula ke fase knock out. Pesaing lain City adalah CSKA Moscow dari Rusia dan Victoria Plzen dari Republik Ceko.
“Anda jelas tak bisa meremehkan CSKA Moskow ataupun Manchester City. Kami harus fokus sejak awal dan menghormati setiap lawan. Tujuan kami adalah melaju ke fase knock out,” ujar ketua umum Bayern Munchen, Karl Heinz Rummenigge seperti dilansir UEFA.com.
Barcelona kembali bertemu jodohnya di Liga Champions. Berada di Grup H, wakil Spanyol itu akan bertemu kembali dengan AC Milan. Dengan demikian, keduanya bakal bertemu delapan kali dalam tiga musim terakhir.
Dua musim lalu, keduanya bertemu di fase grup dan fase perempatfinal dengan catatan dua kali seri dan dua kali untuk kemenangan Barca. Musim lalu, keduanya kembali bertemu di fase knock out. Dengan catatan masing-masing satu kemenangan, dengan keunggulan agregat 4-2 untuk Barca. Tim lain di Grup H adalah Ajax Amsterdam dan Celtic.
“Tak ada grup yang mudah di Liga Champions. Kami kenal betul Milan dan musim lalu kami sempat melawan Celtic. Ajax sendiri punya sejarah besar di Liga Champions,” ujar bomber Barca, Lionel Messi.
Wakil Spanyol lainnya, Real Madrid, berada di Grup B. Juventus sepertinya menjadi satu-satunya pesaing terberat Los Blancos di grup ini. Dua tim lainnya, Galatasaray dari Turki dan Kobenhaun dari Denmark seharusnya tak menjadi masalah.
Di Grup A, Manchester United bergabung di tim yang cukup mudah. Ada Bayer Leverkusen, peringkat ketiga Bundesliga, Real Sociedad, wakil Spanyol yang lolos lewat fase play off, serta jawara liga Ukraina, Shaktar Donetsk.
Wakil Inggris lainnya, Chelsea, juga mendapat pesaing yang relatif mudah di Grup B. The Blues bersaing dengan peringkat keempat Bundesliga, Schalke 04, jawara liga Rumania Steaua Bucarest serta juara liga Swiss, FC Basel.
Sedangkan wakil Inggris keempat yang lolos ke Liga Champions, Arsenal, mendapat grup yang lebih berat. The Gunners bersaing dengan runner up Bundesliga, Borussia Dortmund, runner up Seri A Napoli serta runner up Ligue 1, Marseille.
“Ini adalah grup yang hebat dan cukup berimbang. Keempat tim punya kesempatan sama untuk lolos. Kami ingin membalaskan sesuatu kepada Arsenal dan Marseille. Saya belum pernah bertandang ke Napoli, tetapi saya tak sabar merasakan atmosfernya, pasti bakal luar biasa,” Jurgen Klopp, pelatih Dortmund, menjelaskan.
Dalam setiap grup, masing-masing tim akan melawan satu sama lain dalam laga tandang-kandang. Dengan demikian, setiap tim dalam setiap grup akan menjalani total enam laga. UEFA telah menjadwalkan masing-masing laga digulirkan pada 17–18 September, 1–2 Oktober, 22–23 Oktober, 5–6 November, 26–27 November, dan 10–11 December 2013.
Juara grup dan runner up akan melaju ke putaran 16 besar, sedangan mereka yang berada di tempat ketiga berhak dan wajib tampil di putaran 32 besar Liga Europa.
Grup A: Manchester United, Shakhtar Donetsk, Bayer Leverkusen, Real Sociedad
Grup B: Real Madrid, Juventus, Galatasaray, Copenhagen
Grup C: Benfica, Paris Saint-Germain, Olympiacos, Anderlecht
Grup D: Bayern Munchen,CSKA Moskow, Manchester City, Viktoria Plzen
Grup E: Chelsea, Schalke 04, Basel, Steaua Bucarest
Grup F: Arsenal, Marseille, Borussia Dortmund, Napoli
Grup G: Porto, Atletico Madrid, Zenit Saint Petersburg, Austria Wien
Grup H: Barcelona, AC Milan, Ajax, Celtic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar